Kamis, 09 Oktober 2014

Para penemu-penemu alat musik



Ada banyak sekali alat usik di dunia ini, tapi pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa alat musik modern yang biasa digunakan pada saat konser ataupun solo. langsung aja:
 
Gitar
Gitar bersenar enam pertama dibuat 1779 silam oleh Gaetano Vinaccia di Naples, Italia. Keluarga Vinaccia memang dikenal sebagai luthiers (pembuat senar) untuk alat musik mandolin. Tapi,
mandolin sendiri ternyata nggak menunjukkan ada hubungan dengan gitar. Alat musik yang mirip-mirip gitar sebetulnya sudah ada sejak 5000 tahun lalu, di zaman kuno Asia Tengah. Ia muncul dalam bentuk ukiran kuno dan berasal dari Susa, ibu kota lama Iran. Alat itu dinamai ‘kithara’ (bahasa Yunani), kemudian berubah menjadi ‘guit’, mirip bahasa Sansekerta yang berarti ‘sangeet’ dan ‘tar’ yang berarti ‘cord’ atau ‘string’.
Kata gitar, bisa jadi juga diambil dari bahasa Persia, Arab. Kata 'qitara' adalah nama Arab untuk berbagai nama anggota keluarga kecapi, yang mendahului gitar. Di Spanyol, nama gitar pertama kali dikenal saat dibawa ke Iberia oleh bangsa Moor pada abad ke-10. Vihuela (gitar lama Spanyol) adalah bentuk peralihan antara gitar leluhur dan gitar modern, tapi berbodi kecil. Bentuk vihuela menjadi faktor pembeda antara gitar dengan kecapi.
Piano
Bartolomeo Cristofori lahir di Italia pada tanggal 4 mei 1655. Kehidupan masa kecilnya tidak banyak diketahui. Orang menyebut Cristofori sebagai orang pertama yang menemukan piano. Sebuah sumber hanya mengatakan bahwa Cristofori menimba ilmu dengan cara "mengabdi" pada Nikolo Amati, seorang pembuat biola terkenal pada waktu itu. Saat berusia 33 tahun atau tepatnya pada tahun 1688, Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici. Ferdinando adalah seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany.
Cristofori bekerja dengan ulet dan rajin sehingga membuat Ferdinando kagum dan senang kepadanya dan memberikan bayaran yang lebih tinggi dari yang semula disepakati. Pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori membuat alat musik yang kemudia dikenal dengan nama piano. Alat musik temuan Cristofori ini memiliki suara 4 oktaf. Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menggambarkan alat musik itu sebagai gravecembalo col piano e forte, yang berarti harpsichord dengan papan tuts lembut yang bersuara keras. Semula alat musik ini disebut sebagai pianoforte, namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama piano.
Cristofori meninggal pada 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di berbagai museum. Satu terdapat di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726). 
Biola
Menurut catatan kuno bangsa Aria di India, pada 5.000 tahun yang lampau, raja Ravana dari negara Sri Langka telah mencipta alat musik yang menggunakan senar-busur, yakni Ravanastron. Kemudian Ravanastron menyebar ke Afghanistan dan Persia, pada awal abad ke 1. semasa zaman kerajaan Tokharistan di Afghanistan, bentuk instrumen musik itu berubah menjadi bentuk Pipa (alat musik petik dari Tiongkok), papan atasnya datar, punggungnya berasal dari kayu utuh yang dipahat cekung, agak halus, nada dan resonansinya agak besar. Pada abad ke 7 menyebar ke wilayah Arab dan sewaktu zaman keemasan Islam namanya diubah menjadi Rebab.
Namun, biola tertua yang memiliki empat senar seperti biola modern dibuat oleh Andrea Amati sekitar tahun 1555. Biola pun jadi populer, baik di antara para pemusik jalanan maupun para bangsawan. Buktinya, raja Perancis Charles IX menyuruh Amati untuk membuat 24 biola untuknya pada tahun 1560. Biola tertua yang masih ada saat ini adalah salah satu dari ke-24 biola ini, dan diberi nama "Charles IX", dibuat di Cremona tahun c.1560.

Saksofon
Sejarah saksofon dapat ditelusuri kembali lebih dari 150 tahun. Meskipun ini tampaknya seperti waktu yang lama, saksofon adalah salah satu instrumen baru di spektrum musik. Hal ini ditemukan oleh dan dinamai Antoine-Joseph (Adolphe) Sax. Dia adalah seorang pembuat instrumen ahli dan musisi berbakat. Saxophone itu dipatenkan pada tanggal 20 Maret 1846. Sejak itu menjadi kebutuhan di setiap band karena keindahan dan fleksibilitas tonal nya.
Saksofon pertama, bass C, ditampilkan untuk pertama kalinya, pada tahun 1841, dengan komposer terkenal, Hector Berlioz. Dia kagum pada fleksibilitas, nada unik, dan kontrol dinamika. Pada tahun 1842, Sax pindah ke Paris untuk memperkenalkan instrumen barunya ke seluruh dunia. Segera menyusul adalah penciptaan seluruh keluarga saxophone: empat belas saksofon berbeda dalam semua. Setiap berbeda berdasarkan ukuran dan pitch. Mereka adalah: E datar sopranino, F sopranino, B soprano datar, C soprano, E datar alto, F alto, tenor B datar, C tenor, E datar bariton, B bass datar, C bass, E datar kontrabas, dan F kontrabas . Banyak variasi ini, bagaimanapun, adalah jarang digunakan atau telah menjadi usang.
Saksofon akhirnya dikenal sebagai bagian integral dari semua band di 1845 ini adalah tahun yang terkenal "pertempuran dari band". Band Angkatan Darat Perancis masih menggunakan instrumentasi "tradisional". Sax melihat ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bagaimana saxophone dapat meningkatkan kualitas tonal di semua gelombang
Harmonika
Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.
Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.
Christian Friedrich Ludwig Buschmann (17 Juni 1805 - 1 Oktober 1864) adalah seorang pembuat alat musik asal  Jerman yang sering dikreditkan dengan penemuan harmonika dan akordeon.

Bacaan Yang Laen Umum

0 komentar :

Posting Komentar